Pemanfaatan Multimedia
Pada
umumnya pemanfaatan multimedia banyak digunakan di segala bidang. Sifatnya yang
sederhana namun mampu berkontribusi besar merupakan salah satu alasan banyak
orang menggunakan sarana multimedia sebagai kebutuhan dari kehidupan. Untuk
mengetahui pemanfaatan multimedia secara dasar, penulis menggolongkannya
sebagai berikut :
A. Elemen Multimedia
Penggunaan tools berupa software (perangkat
lunak) untuk menggabungkan gambar, teks, video, suara, dan animasi sehingga
menimbulkan interaksi antara user (pemakai) dan aplikasi
merupakan pengertian dari multimedia.
Integrasi dari berbagai macam multimedia (misal gambar, teks, video, suara dan
animasi) secara bersama-sama memperkuat sebuah penyampaian pesan kepada user.
Multimedia yang sesuai dengan kebutuhan user menginginkan
adanya interaksi. Interaksi multimedia yang bertujuan multimedia dapat
memuaskan kebutuhan user dalam pemanfaatannya. Pemanfaatan
tersebut dapat dilakukan di berbagai bidang seperti pendidikan, informasi,
hiburan, bisnis, pariwisata dan lain-lain
Untuk menyampaikan pesan-pesan dari
berbagai bidang yang disebutkan di atas, dimanfaatkanlah multimedia sebagai
alatnya. Dengan multimedia-lah, pemanfaatan berbagai media untuk menyampaikan
pesan agar lebih efektif dan efisien.
B. Pesan
Pesan sendiri berarti sesuatu perintah, nasihat, permintaan, amanat yang disampaikan secara audio, visual, dan gabungan audio-visual kepada orang lain. Pembuat aplikasi multimedia menginginkan aplikasi sesuai harapannya. Pada aplikasi multimedia mengandung pesan bahwa aplikasi inilah yang mereka butuhkan. Contoh aplikasi multimedia yaitu kiosk yang merupakan produk multimedia yang berfungsi sebagai pemberi informasi. Pembuat produk kiosk ingin menyampaikan pesan alat ini yaitu memberikan informasi kepada orang yang menggunakannya. Kiosk museum digunakan untuk menginformasikan tentang museum mulai dari seluk-beluk, denah, isi dan koleksi, pegawai dan staf serta lainnya yang berkaitan hal dengan museum. Lain halnya dengan kiosk rumah sakit yang menginformasikan prosedur berobat dan rawat inap, pasien-pasien yang di rawat inap, denah rumah sakit dan lain-lain yang berkaitan dengan rumah sakit. Kiosk museum dan kiosk rumah sakit berbeda karena penempatan benda tersebut, tapi tujuannya sama yaitu memberikan informasi kepada user yang menggunakan.
C. Hubungan Multimedia dengan Efektifitas dan
Efisiensi Pesan
Diatas telah dijelaskan multimedia
dibuat untuk menyampaikan pesan. Nah, pesan yang harus didapatkan oleh user haruslah
mempunyai prinsip efektifitas dan efisiensi. Efektifitas dan efisiensi,
keduanya merupakan prinsip yang dipakai dalam menjalankan misi penyampaian
pesan dari multimedia kepada user.
·
Efektifitas
Multimedia yang digunakan user memberikan
efek, pengaruh, dan kesan terhadap aplikasinya. Sehingga dengan menggunakan
multimedia, user berhasil dalam menjalankan usaha atau
tugasnya. Kemudahan itulah yang diinginkan user dalam
menggunakan multimedia. Itulah prinsip efektifitas pesan dalam multimedia.
·
Efisiensi
Multimedia haruslah tepat guna dalam pemakaiannya sesuai
waktu yang telah ditentukan user dalam penggunaannya. Sehingga
tidak ada keborosan baik dalam hal tenaga, alat, pikiran dan lain-lain.
Begitulah prinsip efisiensi pesan pada multimedia
Multimedia yang gabungan dari beberapa media dan
didukung prinsip efektifitas dan efisiensi pesan dalam aplikasinya, menjanjikan
sebuah konvergensi dalam bidang Teknologi Informasi (TI) yang semakin
berkembang. Hubungan inilah yang diinginkan oleh multimedia bahwa multimedia
berupa aplikasi atau produk dapat membantu user untuk
menjalankan aktivitas userdi rumah atau di kantor.
Refrensi :
http://ebookbrowse.com/pemanfaatan-multimedia-dalam-pembelajaran-pdf-d332918148
Tidak ada komentar:
Posting Komentar